Muqaddimah

بسم الله الرحمن الرحيم

 

Sesungguhnya segala pujian hanya untuk Allah. Kita memuji-Nya, memohon pertolongan dan ampunan-Nya dan kita berlindung kepada Allah dari jahatnya jiwa-jiwa kita dan jeleknya amalan-amalan kita. Barangsiapa yang diberi hidayah oleh Allah maka tiada yang mampu menyesatkannya dan barangsiapa yang telah disesatkan-Nya maka tiada yang mampu menunjukinya.
Aku bersaksi bahwa tiada Illah yang benar untuk diibadahi selain Allah saja, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad Shallalahu alaihi wa sallam adalah hamba dan utusan-Nya.

Amma ba’du,

Untuk dimaklumi bersama bahwa Maktabah Abi Humaid merupakan sebuah blog pribadi yang berisi kumpulan kajian / artikel mengenai agama Islam bermanhaj salaf, mengajak kaum muslimin untuk kembali kepada Al Qur’an dan As-Sunnah dengan pemahaman shahabat yang mereka adalah Salafush Shaleh –radhiyallahu ‘anhum– sebagai pengamalan terhadap perkataan Allah ‘Azza wajalla melalui lisan Rasul-Nya yang mulia shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda:


مَنْ دَعَاإِلىٰ هُدًى كَانَ لَهُ مِنَ الاَجْرِمِثْلُ أُجُرِمَنْ تَبِعَهُ لاَيَنْقُصُ ذٰلِكَ مِنْ اُجُوْرِهِمْ شَيْئًا

“Barang siapa menyeru kepada hidayah (petunjuk) maka baginya pahala seperti pahala orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi dari pahala mereka sedikitpun.” (HR. Muslim)


عَنْ أَبِيْ حَمْزَةَ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ خَادِمِ رَسُوْل الله عَنْ النَّبِي قَالَ : لاَ يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لأَخِيْهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ

Dari Abu Hamzah Anas bin Malik, pembantu Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam, dari Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam beliau bersabda: “Tidak sempurna iman salah-seorang dari kalian sampai dia mencintai untuk saudaranya apa yang ia cintai untuk dirinya sendiri” (HR. Muslim)


Allah subhanahu wa ta’ala berfirman didalam kitab-Nya :

وَتَعَاوَنُواعَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الْأِثْمِ وَالْعُدْوَانِ

“…dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran..” (Al Maidah: 2)


Mari kita berupaya menghilangkan noda-noda kesyirikan dari kaum muslimin yang beraneka ragam bentuknya, memperingatkan kaum muslimin dari bahaya bid’ah yang sesat dan pemikiran-pemikiran bathil serta membersihkan sunnah Nabi dari riwayat-riwayat dha’if dan palsu yang mengotori kemurnian Islam.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda;

يَحْمِلُ هَذَا الْعِلْمَ مِنْ كُلِّ خَلَفٍ عُدُوْلُهُ يَنْفُوْنَ عَنْهُ تَحْرِيْفَ الْغَالِيْنَ وَانْتِحَالَ المْبُطْلِيْنَ وَتَأْوِيْلَ الجْاَهِلِيْنَ

“Agama ini dibawa pada setiap penerusnya oleh orang-orang adilnya, mereka melenyapkan penyimpangan orang-orang yang melampaui batas dan tipu daya para pengekor kebatilan serta menghilangkan takwilnya orang-orang jahil”


Allah Ta’ala berfirman:

فَإِنْ آمَنُوا بِمِثْلِ مَا آمَنْتُمْ بِهِ فَقَدِ اهْتَدَوْا وَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنَّمَا هُمْ فِي شِقَاقٍ فَسَيَكْفِيكَهُمُ اللَّهُ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

“Maka jika mereka beriman kepada apa yang kamu telah beriman kepadanya, sungguh mereka telah mendapat petunjuk; dan jika mereka berpaling, sesungguhnya mereka berada dalam permusuhan (dengan kamu). Maka Allah akan memelihara kamu dari mereka. Dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”. (Al Baqarah: 137)


وَمَنْ يُشَاقِقِ الرَّسُولَ مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَى وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ نُوَلِّهِ مَا تَوَلَّى وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ وَسَاءَتْ مَصِيراً

“Dan barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali.” (An-Nisaa: 115)


Mudah-mudahan Allah Subhanahu wa Ta’ala senantiasa memberikan taufik kepada semuanya terhadap apa yang Dia cintai dan diridhai-Nya serta menyatukan hati-hati kita. Semoga ini menjadi amal kebajikan dan merupakan ibadah yang akan memiliki nilai yang sangat mulia dihadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sesungguhnya Rabbku Maha Mendengar (mengabulkan ) doa.

Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi kita Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam beserta keluarga dan para shahabatnya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

18 Tanggapan to “Muqaddimah”

RSS Feed for Maktabah Abi Humaid Comments RSS Feed

Assalamu’alaikum,
Afwan..tolong ajarin ana dong bikin blog yang seperti ini, ana baru belajar bikin blog dengan niat untuk dakwah tapi asih sangat sederhana, tolong sarannya?
blog ana : dienul.wordpress..com,

syukron

Wa ‘alaikumussalam warohmatullahi wa barokaatuh.
Afwan ana juga pemula, dalam hal blogging.
Seperti yang terlihat, blog ana tampilannya sederhana.
Baarokallahu fiik.

Assalamu’alaikum, menurut ana blog antum tampilannya sudah bagus. Ana blm bisa bikin spt ini. Boleh gak artikelnya ana ambil untuk di posting di blog ana?

Wa’alaikumussalam warohmatullah wa barokkatuh
Silahkan artikel yang ada di “Maktabah Abi Humaid” antum copy-paste semua, tanpa terkecuali dengan menyertakan sumber url-nya.
Baarokallahufiikum.

Syukron.
Antum punya gak panduan bikin blog wordpress, kalo ada kirimin ke ana via email.

Afwan,kalau ana hanya memakai fasilitas yang ada di “Dasbor”.
Baca, pahami, praktek dan lihat hasilnya.
Kalau ga cocok bisa di undo dan coba yang lain.
Untuk widgets dll, coba search di google.
Allahu a’lam.

Assalamualaikum wr wb
nice blog, banyak ilmu yang bisa saya pelajari di sini…

Wa ‘alaikumussalam warohmatullahi wa barokaatuh.
Alhamdulillah, Al Ilmu ‘indallah.
Baarokallahu fiik.

Assalaamu ‘alaikum akh, ini kunjungan perdana. Baarakallaahu fiik

wa’alaikumussalam warohmatullah,..
wa fiikum baarakallahu..

Assalaamu ‘alaikum akh, ini kunjungan perdana. Ana tautkan di blog Mutiara Sunnah ya? Baarakallaahu fiik

wa’alaikumussalam warahmatullah,
Ahlan wa sahlan di Maktabah Abi Humaid
Tafadhal ditautkan…
Baarokallahu fiikum aidhon..

Assalamu’alaiku. Wr. Wb.
Blog yang bagus and mendidik, by the way bisa kasih saran ga kalo buat nasehatin orang2 tarikat gimana caranya, soalnya ada salah satu aliran Tarikat Fathiyyah al-Idrisiyyah yang menyimpang aqidahnya coba aja searh di google al idrisiyyah ada webnya baca aja artikelnya, sesat dan menyesatkan…(I love Syekh akbar) klik aja itu.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Wa’alaikumussalam warohmatullah wabarokaatuh

Alhamdulillah,

Jika kita menasehati mereka, susah sekali mereka mau menerima kebenaran, kerena mereka merasa berada di atas kebenaran itu sendiri -kecuali yang dirahmati Allah, yang mendapat hidayah-.

Al-Imam Sufyan ats-Tsauri rahimahullah berkata, “Bid’ah itu lebih disukai Iblis dibandingkan dengan maksiat biasa. Karena pelaku maksiat lebih mudah bertaubat. Sedangkan pelaku bid’ah sulit untuk bertaubat”

Faktor utama yang mendorong seseorang untuk bertaubat adalah dia merasa telah berbuat salah dan telah berbuat suatu dosa. Perasaan ini banyak dimiliki oleh pelaku maksiat, lain halnya dengan pelaku bid’ah, mereka merasa telah melakukan suatu amalan shaleh.

Oleh karena itu, bagaimana mungkin seorang pelaku bid’ah bertaubat ketika dia tidak merasa bersalah bahkan dia merasa mendapat pahala dan mendekatkan diri kepada Allah dengan bid’ah yang dia lakukan.
Allahul musta’an.

Coba baca Aliran Sempalan => Tasawuf / Sufi
Allahu a’lam,

Wa’alaikumussalam warohmatullah wabarokaatuh.

Assalamu’alaykum..
semoga Allah selalu menjaga kita dalam manhaj yang haq, manhaj yang selalu berada di belakang para Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam dan para sahabat radhiyallahu ‘anhum. amin.

wa’alaikumussalam warohmatulloh…
Amiin…

Assalamu’alaikum, perkenalkan nama ana Ahmad Ibrahim, ini kunjungan perdana ana ke blog antum, blog ini sangat bagus dan mendidik, karena blog ini sesuai dengan manhaj salaf dan berisikan artikel salaf, ijinkan ana untuk copy paste artikel di blog antum dan kirimkan ijin antum ke email ahlussunnahsalafiyah@yahoo.co.id
syukron

Assalamu’alaikum warohmatullahi wa barokaatuh
Salam perkenalan.
Artikel-artikel di Maktabah Abi Humaid bagus-bagus. izin copy paste untuk saya masukkan di blog Ana ” http://azzahroeducation.blogspot.com “. Jazakillah
Wassalamu’alaikum warohmatullahi wa barokaatuh


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: